• header
  • header
  • Gen AI
  • PENGEMBANGAN SARPRAS
  • PPDB 2024 - 2025

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025 DIBUKA TANGGAL 01 JANUARI 2024

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SEKOLAH DASAR ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR

NPSN : 20341625

Jl.Raya Tambak Barat, Gumelar Lor, Tambak 53196 Banyumas Telp.(0282) 497931


info@sdislamdarulfalah.sch.id

TLP : 0282-497931


          

Banner

Agenda

15 September 2024
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

Statistik


Total Hits : 352429
Pengunjung : 136461
Hari ini : 2
Hits hari ini : 25
Member Online : 0
IP : 3.239.76.211
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Selayang Pandang Kepala Sekolah

 

Pendidikan adalah sebuah proses belajar dimana peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam Al Qur’an tujuan utama pendidikan adalah pembentukan manusia menjadi pemimpin di muka bumi sesuai tugasnya yang diberikan Allah kepada manusia dalam Surah Al Baqoroh 30, “….sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi…”. Kemudian Allah berjanji kepada umatnya yang berhasil dalam pendidikan untuk meningkatkan derajatnya,”….Allah akan meninggikan orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. Namun demikian, pendidikan tidak boleh hanya menghasilkan manusia yang syarat dengan ilmu tapi lupa dengan statusnya sebagai ‘abdullah yang harus beribadah kepada Allah (QS.51:56), sehingga diperlukan konsep pendidikan yang kaffah yaitu yang mampu menyatukan dimensi iman (afektif), ilmu (kognitif), dan amal (psikomotorik). Kurikulum dalam pembelajaran Sekolah Dasar Islam Darul Falah mencakup ketiga dimensi tanpa ada pemisahan antara iman, ilmu dan amal. Dalam pembelajarannya diterapkan prinsip: 1. Learning to live together: belajar untuk memahami dan menghargai orang lain, sejarah mereka dan nilai-nilai agamanya. 2. Learning to know: penguasaan yang dalam dan luas akan bidang ilmu tertentu, termasuk di dalamnya learning to how 3. Learning to do: belajar untuk mengaplikasi ilmu, bekerjasama dalam team, belajar memecahkan masalah dalam berbagai situasi. Sabda Rosul”..kebaikan itu dari kebiasaan....” 4. Learning to be: belajar untuk dapat mandiri, menjadi orang yang bertanggung jawab untuk mewujudkan tujuan bersama. Dalam pembelajaran tersebut dipengaruhi faktor intern siswa (berupa tingkat kecerdasan, sikap, fisik dan emosi anak dan faktor ekstern (lingkungan, termasuk di dalamnya lingkungan rumah dan sikap ustadz dan sikap orang tua). Oleh karena itu diperlukan kerja sama antara sekolah dan orang tua siswa agar tercipta kondisi anak yang siap menerima pendidikan yang baik dengan memberikan lingkungan yang kondusif. Kerja sama yang baik antara lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa diharapkan mampu mencetak anak-anak yang ahli ilmu, ahli ibadah, berakhlaq mulia dan tinggi ilmu manfaat. Aamiin .